Pelatihan SiDeKa Untuk Mewujudkan Desa Mengwi yang MESARI

Pelatihan Platform Tata Kelola Desa SiDeKa

mengwi.ddesa.id Pelatihan platform tata kelola desa, sistem informasi desa dan kawasan (SiDeKa) pada hari Rabu, 22 November 2017. Pelatihan ini dilaksanakan pada pukul 10.00 s/d 13.00 di Ruang Pertemuan Kantor Desa Mengwi. Pelatihan platform tata kelola desa, sistem informasi desa dan kawasan (SiDeKa) diikuti oleh 20 peserta yang terdiri dari Perbekel Mengwi, Sekretaris Desa Mengwi dan perangkat Desa Mengwi. Pelatihan ini diselenggarakan oleh penyuluh desa broadband terpadu 2017.

Acara Pembukaan Pelatihan

        Acara pelatihan dibuka oleh  Sekretaris Desa Mengwi, sekaligus pengenalan oleh Bapak  Perbekel Mengwi penyuluh desa broadband terpadu 2017 yaitu Ni Putu Gita Rahayu.  “Gita ini nantinya yang akan menjadi penyuluh untuk Desa Mengwi yang mempunyai peran penting untuk melatih perangkat Desa Mengwi menggunakan sistem informasi desa dan kawasan (SiDeKa), dan mensosialisasikan kepada masyarakat Desa Mengwi mengenai pentingnya penggunaan internet untuk kemajuan desa”  kata Bapak Perbekel Mengwi I Ketut Umbara. Beliau juga menghimbau agar masyarakat Desa Mengwi seluruhnya berperan aktif untuk memajukan Desa Mengwi menuju Mengwi yang MESARI (Mandiri, Eling, Sejahtera, Aman, Ramah, Indah).

 

Penyampaian Materi Platform Tata Kelola Desa SiDeKa

    Sistem Informasi Desa dan Kawasan (SiDeKa) merupakan sebuah sistem informasi transaksional yang mampu mengumpulkan, mengolah maupun menyajikan data sesuai dengan kebutuhan Pemerintah Desa. Sistem informasi desa dan kawasan (SiDeKA) dapat mendorong prakarsa/gagasan/ide desa dengan memperkuat akses informasi desa, antar desa, maupun kawasan perdesaan, sebagai bentuk inter-koneksitas dalam pengelolaan sumber daya yang saling membutuhkan sebagai modal membangun kawasan strategis pertumbuhan ekonomi untuk membangun kesejahteraan desa.

        Sistem informasi ini dikembangkan dengan prinsip-prinsip partisipasi, transparansi dan akuntabilitas dalam upaya mendorong pemberdayaan masyarakat serta mewujudkan nilai-nilai demokratisasi di tingkat desa. Dimulai dari tahap perencanaan, penggumpulan data, pengolahan hingga pemanfaatan data, semua dilakukan oleh pemerintah desa bersama dengan masyarakat secara terbuka. Dalam hal penyelenggaraannya, SiDeKa dirancang sebagai sebuah sistem informasi yang tumbuh dari bawah dan dibantu dengan pengaturan kelembagaan dan kebijakan dari atas. SiDeKa saat ini telah diimplementasikan secara online di lebih dari 62 kabupaten dan 2.128 desa. Masing masing desa selanjutnya mempunyai web site dengan domain desa.id yang dapat digunakan untuk mengelola data transaksional di level desa.

Pelatihan Platform Tata Kelola Desa SiDeKa

         Terlihat antusias dari para peserta pelatihan untuk mempelajari sistem informasi desa dan kawasan (SiDeKa) lebih lanjut lagi. Karena menurut para peserta SiDeKa ini sangat mudah dipahami dan menu menu yang ada di dalamnya tidak ribet. Di dalam pelatihan, penyuluh melatih penggunaan sistem informasi desa dan kawasan (SiDeKa) ini seperti cara membuat surat dengan cepat, cara mutasi warga yang pindah datang, kelahiran maupun kematian dengan mudah.

         Setelah pelatihan sistem informasi desa dan kawasan (SiDeka) ini selesai, penyuluh desa broadband terpadu 2017 juga mensosialisasikan mengenai web desa resmi yang dimiliki oleh Desa Mengwi saat ini dengan alamat web mengwi.desa.id. Penyuluh menghimbau agar seluruh peserta yang hadir saat pelatihan tersebut untuk membantu memberikan informasi-informasi terkini terkait kegiatan-kegiatan maupun berita-berita yang ada di Desa Mengwi.

Foto Bersama Penyuluh Desa Broadband Terpadu 2017 dengan Peserta Pelatihan

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan