Desa Mengwi Peroleh Pakarti Madya III Pelaksana Terbaik LBS Tingkat Nasional

mengwi.desa.id Selasa, 28 Nopember 2017 bertepatan dengan hari pangan sedunia XXXVII Provinsi Bali yang dilaksanakan di Wantilan Pura Jagatnatha Kabupaten Jembrana. Desa Mengwi memperoleh penghargaan pakarti madya III pelaksana terbaik lomba lingkungan bersih & sehat tingkat nasional. Penghargaan ini diberikan oleh Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan dan Keluarga (TP-PKK) .

 

       PKK Desa Mengwi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung telah mewakili Provinsi Bali dalam lomba Lingkungan Bersih dan Sehat tingkat Nasional tahun 2017. Tim Verifikasi Kesejahteraan Rakyat, PKK-KB-KES Pusat melakukan penilaian terhadap PKK Desa Mengwi, Rabu 3 Mei 2017 lalu di Wantilan Pura Dalem Desa Adat Mengwi. Untuk mengurangi masyarakat yang sakit, perlu gerakan masyarakat bersih dan sehat, gerakan ini sudah dicanangkan di seluruh provinsi. Dalam pencapaian lingkungan bersih dan sehat ada beberapa indikator yaitu indikator input, proses dan output.

 Penyerahan penghargaan kpd Ketua TP PKK Desa Mengwi

            Ketua Tim Penggerak PKK Desa Mengwi Ny. Artatik Umbara melaporkan, Desa Mengwi terdiri dari 11 banjar dinas dan 13 Banjar adat dengan ditambah 2 banjar adat yaitu Br. Genter dan Br. Bajra. Jumlah penduduk 7.602 orang, laki-laki 3.794 orang, perempuan 3.808 orang, terhimpun dalam 2.178 KK. Jumlah kader PKK terdiri dari tim penggerak PKK berjmlah 31orang, kader umum yang berjumlah 369 orang dengan kelompok dasa wisma berjumlah 112 kelompok, kader-kader khusus berjumlah 228 orang. Khusus untuk kader lingkungan bersih dan sehat berjumlah 22 orang yang masing-masing banjar berjumlah 2 orang.

          Permasalahan yang dihadapi dalam mewujudkan lingkungan bersih dan sehat di Desa Mengwi seperti pengetahuan masyarakat mengenai lingkungan bersih dan sehat masih belum dipahami dengan baik karena kurangnya informasi-informasi dan pemahaman yang disampaikan masyarakat. Masih ada masyarakat yang membuang sampah sembarangan ditempat-tempat umum. Sampah di rumah tangga belum dikelola dengan baik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut berbagai program dan kegiatan telah dilaksanakan oleh tim penggerak PKK Desa Mengwi dalam mewujudkan lingkungan bersih dan sehat.

           Adapun kegiatan yang dilaksanakan seperti membentuk kader lingkungan bersih dan sehat, pertemuan kader lingkungan bersih dan sehat untuk membuat program kerja, melakukan pendataan, melaksanakan penyuluhan tentang SPAL (saluran pembuangan air limbah), melaksanakan penyuluhan tentang penggunaan jamban sehat, melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya, melakukan kunjungan ke rumah-rumah, melaksanakan evaluasi akhir kegiatan dan membuat laporan.Program inovatif mengarahkan masyarakat untuk melakukan pemisahan sampah organik dan anorganik. Ikut mendukung kegiatan pengolahan sampah organik menjadi pupuk kompos di TPST Desa Mengwi. Pemberian bantuan tong sampah kepada masyarakat Desa Mengwi untuk di tempat-tempat umum melalui kelian banjar dinas, pembuatan lubang peresapan air hujan melalui proses biopori.

           Oleh karena itu Desa Mengwi berhasil meraih Juara I di tingkat Kabupaten Badung dan Juara I di tingkat Provinsi Bali dalam Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat. Dan Desa Mengwi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung dipercaya untuk mewakili Provinsi Bali dalam Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat tingkat Nasional tahun 2017. Dan memperoleh Pakarti Madya III pelaksana terbaik lomba lingkungan bersih & sehat tingkat nasional.

Piala Juara Pakarti Madya III pelaksana terbaik lomba lingkungan bersih & sehat

Piagam Penghargaan Pakarti Madya III pelaksana terbaik lomba lingkungan bersih & sehat

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan