Antusias PKK Desa Mengwi Mengikuti Pelatihan Tata Rias Sanggul Bali

Antusias Ibu-Ibu PKK dalam Pelatihan Sanggul Bali

mengwi.desa.id Ibu-ibu anggota Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Desa Mengwi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung terlihat sangat antusias mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pelatihan tata rias sanggul bali . Pelatihan ini berlangsung selama 2 hari pada tanggal 1 & 2 Desember 2017 pada pukul 09.00 s/d 13.00 WITA di ruang pertemuan kantor Desa Mengwi  . Pelatihan tata rias sanggul bali ini diikuti oleh 40 orang peserta dari Br. Munggu, Br.Pandean, Br.Serangan, dan Br.Peregae di hari pertama (1/12/2017) . Dan 40 orang peserta dari Br. Delod Bale Agung, Br. Pengiasan, Br. Alangkajeng, Br. Lebah Pangkung di hari kedua (2/12/2017). Adapun instruktur pelatihan ini yang merupakan orang asli Mengwi yang sebelumnya sudah sering mengikuti pelatihan yaitu Ibu Ni Kadek Ariani dari Br. Peregae dan Ni Ketut Mastriani dari Br. Delod Bale Agung.

          Acara pelatihan tata rias sanggul bali ini dimulai dengan pembukaan oleh Bapak Perbekel Mengwi I Ketut Umbara SH,MH didampingi oleh Ny.Artatik Umbara selaku Ketua Tim Penggerak PKK Desa Mengwi. Beliau menekankan agar perempuan di Desa Mengwi selalu berinovasi, sehingga mampu mensejajarkan diri dalam ikut mensejahterakan keluarga. Salah satunya dengan pelatihan tata rias sanggul bali ini kedepan diharapkan mampu memotivasi ibu-ibu untuk bisa mendirikan salon kecantikan. Selain itu melalui pelatihan kali ini diharapkan kaum perempuan mampu merias dirinya. “Kami harapkan para ibu-ibu setelah mengikuti pelatihan ini nantinya bisa membuka salon untuk menambah lapangan pekerjaan dan membantu ekonomi keluarga ” ungkap Bapak Perbekel Mengwi.

         Lebih lanjut Ketua Tim Penggerak PKK Desa Mengwi Ny.Artatik Umbara mengatakan  pelatihan tata rias sanggul bali yang dilaksanakan ini sebagai salah satu bentuk kepedulian pihaknya terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi kaum perempuan. Untuk itu Ny. Artatik mengharapkan para peserta agar mengikuti pelatihan dengan baik dan hasilnya dipraktekkan langsung. Diharapkan juga ibu-ibu bisa bertanya langsung terkait dengan melakukan tata rias yang benar kepada instruktur. Jangan sampai hanya mesanggul ibu-ibu harus pergi ke salon, tapi setelah mengikuti pelatihan nantinya mampu merias diri sendiri. “Kami harapkan para ibu-ibu yang telah mengikuti pelatihan ini nantinya tidak lagi pergi ke salon hanya untuk membuat sanggul yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit mengingat kita di desa masih kental dengan adat dan budaya yang mewajibkan ibu-ibu mesanggul disetiap odalan di pura” harap Ny. Artatik.

        Pada saat pembukaan Bapak Perbekel Mengwi didampingi oleh Sekretaris Desa dan Ketua Tim Penggerak PKK Desa Mengwi secara simbolis memberikan fasilitas untuk mengikuti pelatihan tata rias sanggul bali ini secara gratis tanpa dipungut biaya apapun. Pelatihan tata rias sanggul bali ini didanai oleh dana APBDes perubahan 2017. Masing-masing peserta difasilitasi beberapa item seperti : sanggul, hair spray, hair pin, baby pin, cucuk, arnet, jepit bebek, sisir dan beberapa fasilitas lainnya untuk mendukung ibu-ibu membuat sanggul.

Penyerahan fasilitas untuk pelatihan sanggul

            Di dalam pelaksanaan pelatihan ada dua tahap yang harus dilakukan para peserta. Tahap pertama yaitu para peserta dilatih dari awal cara pembuatan sanggul dari antol yang masih terurai. Disini peserta mulai membuat bentuk sanggul yang sama percis seperti sanggul pada umumnya dan ukurannya sesuai selera masing-masing peserta. Setelah sanggul jadi, tahap selanjutnya adalah pemasangan sanggul. Peserta dilatih untuk menyasak rambut sendiri dengan beberapa teknik yang diajarkan oleh para istruktur. Kemudian untuk pemasangan sanggul para peserta bisa memasang sendiri atau bisa dipasangkan oleh temannya.

Suasana Pelatihan Tata Rias Sanggul Bali

           Pelatihan ini merupakan pelatihan angkatan II (kedua). Dimana pelatihan angkatan I (pertama) dilaksanakan pada tahun 2016 dengan pesertanya ibu-ibu PKK Br. Pande, Br.Gambang, dan Br.Batu. Mengingat di Desa Mengwi terdapat 11 Banjar, dan akhirnya di tahun 2017 ini semua banjar sudah mendapatkan pelatihan tata rias sanggul bali. Setelah pelatihan tata rias sanggul bali ini dilaksanakan para ibu-ibu PKK berharap agar pemerintah desa juga tahun depan mengadakan pelatihan tata rias wajah.

Foto Bersama Peserta Tata Rias Sanggul Bali

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan