Membangun Media Desa Bersama Karang Taruna Wiratama Mandala Mengwi

Sosialisasi Membangun Media Desa

mengwi.desa.id Minggu, 3 Desember 2017 pukul 20.00 Wita telah berlangsung sosialisasi dari Penyuluh Desa Broadband Terpadu 2017 di Ruang Pertemuan Kantor Desa Mengwi. Tema dari sosialisasi ini adalah “Bersama Kita Membangun Media Desa”.  Peserta sosialisasi ini adalah anggota Karang Taruna Wiratama Mandala Desa Mengwi yang berjumlah 20 orang. Sosialisasi ini terselenggara dengan maksud dan tujuan untuk mengajak karang taruna ini secara bersama-sama membangun media desa demi mewujudkan Desa Mengwi yang MESARI (Mandiri, Eling, Aman, Ramah, dam Indah).

 

Penyuluh Desa Broadband Terpadu Memberikan Sosialisasi

Dipilihnya karang taruna sebagai sasaran dari sosialisasi ini karena mengingat karang taruna adalah organisasi kepemudaan yang ada di desa. Dimana karang taruna ini merupakan wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan dalam upaya mengembangkan kegiatan ekonomi produktif dengan pendayagunaan semua potensi yang tersedia di lingkungan baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang telah ada. “Jadi dengan mengajak karang taruna untuk bersama membangun media desa diharapkan mampu ikut berperan aktif dalam menciptakan suatu berita atau suatu tulisan tentang desa, bukan hanya sebagai penonton saja” ungkap penyuluh desa broadband terpadu 2017 Ni Putu Gita Rahayu.

Dalam sosialisasi ini penyuluh desa broadband terpadu 2017 memperkenalkan kepada karang taruna website resmi yang telah dimiliki Desa Mengwi yaitu http://mengwi.desa.id . Melalui website ini desa dapat mempublikasikan dan mempromosikan berbagai potensi yang ada kepada dunia melalui dunia internet.  Dan masyarakat pun dapat memberikan dan mendapatkan informasi dengan cepat serta dapat juga digunakan sebagai sarana menyerap aspirasi masyarakat di Desa Mengwi.

Pengenalan Website Desa Oleh Penyuluh Desa Broadband Terpadu

Selain memperkenalkan website desa kepada karang taruna, penyuluh juga mengajarkan bagaimana cara untuk membuat suatu berita yang baik dan benar, kemudian berita apa saja yang bisa diposting, dan bagaimana cara menyebarluaskan. Berita yang baik dan benar dapat ditulis dengan teknik piramida terbalik dimana pada paragraf 1 harus ada unsur 5W + 1H. Berita yang bisa diposting contohnya seperti proses penyelenggaraan pemerintah, keunggulan desa, seni kebudayaan desa, dan kejadian-kejadian yang terjadi di desa. Cara penyebaran beritanya melalui penyuluh desa dan masyarakat bisa menyebarluaskan kembali melalui sosial media yang dimiliki masing-masing.

Ketua Karang Taruna Wiratama Mandala Desa Mengwi Saat Memberikan Apresiasinya

Ketua Karang Taruna Wiratama Mandala Desa Mengwi I Ketut Mardika SH menyampaikan siap mendukung keberadaan website desa ini. “Saya sangat mengapresiasi sekali, dan siap merangkul anggota karang taruna wiratama mandala desa mengwi untuk mendukung website desa ini sebagai media desa”. Menurut beliau banyak sekali manfaat yang akan diperoleh oleh Desa Mengwi khususnya dan masyarakat Mengwi umumnya oleh keberadaan website desa ini. Selain itu beliau juga berharap agar sosialisasi ini terus berlanjut sampai ke banjar-banjar agar seluruh masyarakat Mengwi berkumpul menjadi satu untuk membangun Desa Mengwi yang MESARI (Mandiri, Eling, Aman, Ramah, dan Indah) melalui media desa ini.

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan