Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Melalui Perpustakaan Desa

Perpustakaan Desa Mengwi

mengwi.desa.id Untuk meningkatkan minat baca masyarakat Desa Mengwi, pemerintah Desa Mengwi bekerja sama dengan perpustakaan umum daerah dalam menyelenggarakan perpustakaan di Desa Mengwi. Perpustakaan Desa Mengwi terletak di Lantai 2 Kantor Desa Mengwi. Perpustakaan ini terbuka untuk umum, jadi siapa saja masyarakat Desa Mengwi yang ingin membaca dan mencari referensi bacaan bisa datang ke perpustakaan ini sesuai jam layanan dari pukul 08.00 – 15.00 Wita.

Adapun Visi dan Misi Perpustakaan Desa Mengwi. Visi : terwujudnya perpustakaan sebagai sumber informasi dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi serta sebagai sarana mencerdaskan kehidupan masyarakat. Misi : meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia perpustakaan. Meningkatkan minat dan budaya baca masyarakat, pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan. Meningkatkan jangkauan layanan perpustakaan secara merata kepada semua lapisan masyarakat.

Struktur Organisasi Pengelola Perpustakaan Desa Mengwi

Untuk keberlangsungan perpustakaan Desa Mengwi ini, maka dibentuklah struktur organisasi pengelola perpustakaan Desa Mengwi. Dengan penanggung jawab Bapak Perbekel Mengwi, I Ketut Umbara SH,MH. Kepala perpustakaan I Ketut Sumarjaya, SH didampingi petugas administrasi Ni Putu Wardani dan petugas pelayanan Ni Luh Rai Suwandini,S.Sos. Dan anggota pengelola perpustakaan Desa Mengwi terdiri dari Ida Bagus Kariana, Ni Putu Arsini, I Nyoman Bangunada, I Made Ardika, Ni Nyoman Kartini dan Ni Kadek Sri Udayani. Pengelola perpustakaan Desa Mengwi ini mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk : mengadakan koleksi buku-buku perpustakaan, mengelola buku-buku perpustakaan, memberikan pelayanan kepada peminjam/masyarakat dan bertanggung jawab melaporkan pelaksanaan tugasnya kepada Perbekel Mengwi.

Fasilitas yang Tersedia di Dalam Perpustakaan

Di dalam perpustakaan Desa Mengwi terdapat beberapa fasilitas untuk memberikan pelayanan kepada pembaca. Terdapat 3 buah rak buku yang digunakan untuk memajang seluruh koleksi buku. Adapun koleksi buku yang tersedia sebanyak 1.656 judul 2.412 eks yang terdiri dari : karya umum, filasafat, agama, ilmu pengetahuan sosial, bahasa, ilmu murni, ilmu terapan/teknologi, kesenian, olahraga, hiburan, kesusastraan/fiksi, sejarah dan geografi. Fasilitas lainnya yaitu 1 buah rak surat kabar yang digunakan untuk memajang dan menyimpan koran/majalah. Tersedia 1 buah rak referensi yang digunakan untuk memajang buku-buku referensi. Dan tersedia juga 1 buah perangkat komputer yang digunakan untuk kegiatan perpustakaan misalnya dalam pelayanan pembuatan kartu anggota perpustakaan.

Tempat Baca yang Tersedia

Untuk meningkatkan kenyamanan pembaca di perpustakaan Desa Mengwi disediakan 2 tempat baca. Yang pertama terdapat tempat baca yang terdiri dari meja kayu dan kursi kayu yang terdapat di dalam ruangan perpustakaan. Tempat baca yang kedua terdapat di luar ruangan perpustakaan yaitu di bale bengong .  Tempat baca yang kedua ini dibuat dengan konsep lesehan di luar ruangan. Dengan tujuan agar para pembaca dapat membaca buku sambil menikmati udara segar dan pemandangan patung bima yang tepat berada di depan bale bengong tersebut.

Tata Tertib Perpustakaan

Untuk menjaga kenyamanan dan keamanan perpustakaan Desa Mengwi ada tata tertib yang harus dipatuhi. Untuk pengguna perpustakaan harap melapor ke petugas dan mengisi buku daftar pengunjung. Di perpustakaan harap menjaga ketertiban dan kesopanan supaya tidak menggangu orang lain yang sedang membaca/belajar. Peminjaman buku harus memiliki kartu anggota. Selesai menggunakan koleksi perpustakaan harus dikembalikan. Menjaga/merawat koleksi perpustakaan yang dipinjam sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Dan menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan di dalam perpustakaan untuk kenyamanan bersama. Setiap pengunjung/peminjam yang tidak mematuhi ketentuan peraturan ketertiban perpustakaan di atas akan dikenakan sanksi.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan