Kemeriahan HUT Sekaa Teruna Cura Dharma ke-44, Banjar Serangan, Desa Mengwi

Malam puncak HUT Sekaa Teruna Cura Dharma ke-44

mengwi.desa.id Untuk meningkatkan kreativitas dan rasa gotong royong antar sekaa teruna serta untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke-44. Sekaa Teruna Cura Dharma, Banjar Serangan, Desa Mengwi merayakan hari ulang tahunnya pada Minggu 10 Desember 2017 bertempat di Balai Banjar Serangan, Desa Mengwi. Acara ini dihadiri oleh Bapak Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung mewakili Bapak Bupati Badung yang berhalangan hadir, Ida Bagus Alit Sucipta sebagai wakil ketua DPC PDI-P Kabupaten Badung, Bapak Camat Mengwi, Ida Kelian Desa Mengwi, Bapak Perbekel Mengwi beserta jajarannya, Kelian Dinas dan Adat se-Desa Mengwi, Ketua Karang Taruna Wiratama Mandala, seluruh ketua Sekaa Teruna se-Desa Mengwi, beserta seluruh lapisan masyarakat ikut meramaikan acara ini.

Rangkaian acara Hari Ulang Tahun ke-44 Sekaa Teruna Cura Dharma diawali dengan lomba-lomba yang melibatkan sekaa teruna yaitu lomba sepak bola mini, lari karung dan tarik tambang pada 1 Desember 2017. Kemudian pada tanggal 3 Desember 2017 ada kegiatan jalan santai yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat Br.Serangan, Desa Mengwi. Tidak hanya itu, adapun lomba-lomba pada hari tersebut yaitu : lomba makan kerupuk, memasukkan paku ke dalam botol, dan mengambil koin dari buah yang  berisi tepung dengan pesertanya adalah anak-anak. Dan lomba untuk ibu-ibuk PKK telah dibuatkan lomba khusus yaitu lomba ngulat tipat goyang. Dan hadiah-hadiah untuk para pemenang lomba diberikan pada saat malam puncak acara.

Tari Pembukaan Sekar Jepun

Dalam perayaan di malam puncak Hari Ulang Tahun ke-44 Sekaa Teruna Cura Dharma  terdapat rangkaian acara sebagai berikut pembukaan dengan tari sekar jepun, dilanjutkan dengan pemutaran video, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Pembacaan Doa. Kemudian sambutan dari ketua panitia dan pembacaan deklarasi kebulatan tekad. Sambutan dari bapak kepala dinas kebudayaan Kabupaten Badung, pemotongan tumpeng, penyerahan hadiah-hadiah kepada pemenang lomba. Dan acara hiburan sebagai penutup perayaan hut.

Sambutan oleh Bapak Kepala Dinas Kebudayaan Kab.Badung

Bapak Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung, Drs. Ida Bagus Anom Bhasma,M.Si mengatakan beliau sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini dengan tujuan untuk meningkatkan kreativitas di kalangan sekaa teruna. “Sekaa teruna sebagai tempat belajar berorganisasi, diharapkan mampu untuk dapat mengamalkan dan mengembangkan agama, adat dan budaya agar tetap ajeg dan tidak tergerus oleh pengaruh yang negatif” harap beliau.  Beliau juga menyampaikan program kerja bapak bupati yang menetapkan prioritas pembangunan yang berkaitan dengan agama, adat, dan budaya. “Pada tahun 2018 bapak bupati telah menganggarkan untuk kegiatan HUT sekaa teruna seperti ini akan diberikan dana sebesar 20 juta, untuk pembuatan ogoh-ogoh juga dianggarkan sebesar 20 juta, dan 50 juta untuk sanggar-sanggar seni yang telah ada” ungkap beliau.

Program ini digencarkan karena sesuai dengan himbauan Bapak Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta untuk sekaa teruna agar tidak mengadakan bazar atau penggalian dana lagi. “Kami berharap untuk sekaa teruna tidak lagi mengadakan penggalian dana berupa bazar, mengingat di dalam pelaksanaan bazar berbau dengan yang namanya miras atau minuman keras yang dapat merugikan banyak pihak, disamping itu kasihan jika anak-anak yang masih sekolah sudah jadi waitress di bazzar tersebut” ujar Bapak Drs. Ida Bagus Anom Bhasma, M.Si. Di dalam kesempatan ini tidak lupa beliau mengucapkan dirgahayu Sekaa Teruna Cura Dharma yang ke-44 dan memberikan dana motivasi sebesar 12 juta rupiah.

Penyerahan Dana Motivasi Oleh Bapak Kadis Kebudayaan

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan