Penetapan dan Penegasan Batas Desa Mengwi

mengwi.desa.id Jumat, 15 Desember 2017 Desa Mengwi dengan Desa Gulingan melakukan penetapan dan penegasan batas desa. Penetapan dan penegasan batas desa didampingi oleh 49 orang tim panitia Desa Mengwi yang terdiri dari unsur BPD, LPM, staf desa termasuk kaur dan kasi, kelian dinas dan kelian adat se-Desa Mengwi. Sebelum turun ke lapangan untuk menetapkan dan menegaskan batas desa, seluruh tim panitia melaksanakan rapat koordinasi terlebih dahulu dengan Desa Gulingan di ruang pertemuan kantor Desa Gulingan.

Rapat koordinasi Desa Mengwi dengan Desa Gulingan

Penetapan dan penegasan batas desa adalah program pemerintah yang diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri atau Permendagri nomor 45 Tahun 2016 sebagai perubahan dari Permendagri nomor 27 tahun 2006 tentang pedoman penetapan dan penegasan batas desa. Penetapan dan penegasan batas desa bertujuan untuk memberi kepastian hukum terhadap tata kelola administrasi suatu wilayah desa, untuk menciptakan tertib administrasi pemerintahan dan penetapan batas tidak menghilangkan status hak dan kepemilikan.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa. Jelas disebutkan dalam UU Desa bahwa Desa adalah Desa dan Desa Adat atau yang disebut dengan nama lain, adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan, kepentingan masyarakat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul, dan/atau hak tradisional yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.  Batas wilayah desa yang dinyatakan dalam bentuk peta desa kemudian akan ditetapkan dengan peraturan Bupati/Walikota.

Perbekel Mengwi didampingi tim dari Desa Mengwi dan Desa Gulingan Turun ke Lapangan

Penetapan dan penegasan batas  ini dimulai dari batas timur Desa Mengwi dengan Gulingan yaitu di areal Pura Taman Ayun. Di sela-sela kegiatan Bapak Perbekel Mengwi I Ketut Umbara mengatakan pada pertengahan bulan Desember ini, Desa Mengwi akan melaksanakan rapat koordinasi lagi dan mengundang desa-desa yang berbatasan langsung dengan Desa Mengwi. “Rencananya pada pertengahan bulan Desember ini kami akan mengadakan rapat lagi dan mengundang Desa Mengwitani, Werdi Bhuwana dan Gulingan untuk penetapan dan penegasan batas Desa Mengwi” ungkapnya.

Beliau juga berharap agar batas Desa Mengwi segera dapat ditetapkan dan ditegaskan. “Kami dari pihak Desa Mengwi berharap agar penetapan dan penegasan batas Desa Mengwi segera selesai” ujar beliau. Dengan memasang target diawal tahun 2018 Desa Mengwi sudah mempunyai peta desa yang pasti. Dengan tujuan agar tata kelola administrasi pemerintahan Desa Mengwi dapat berjalan sesuai dengan harapan.

Tim Panitia Desa Mengwi bersama Tim Panitia Desa Gulingan
Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan