Rapat Koordinasi Persiapan Festival Baleganjur Desa Mengwi 2018

Rapat koordinasi festival baleganjur 2018

mengwi.desa.id Untuk meningkatkan kreativitas di kalangan sekaa teruna di Desa Mengwi, Pemerintah Desa Mengwi bersama dengan Karang Taruna Wiratama Mandala Desa Mengwi mencetuskan sebuah inovasi baru. Inovasi tersebut berupa kegiatan Festival Baleganjur Desa Mengwi 2018. Sebelum festival ini diselenggarakan, Minggu (18/12/2017) diadakan rapat koordinasi terlebih dahulu. Bertempat di Balai Banjar Serangan, karang taruna mengundang seluruh ketua dan wakil sekaa teruna masing-masing banjar di Desa Mengwi untuk mengikuti rapat koordinasi.

Rapat Dipimpin oleh Ketua Karang Taruna

Rapat koordinasi dipimpin langsung oleh Ketua Karang Taruna Wiratama Mandala Desa Mengwi, I Ketut Mardika,SH. Hasil sementara rapat koordinasi tersebut yaitu pertama, tujuan pelaksanaan kegiatan ini untuk meningkatkan kreativitas dan rasa kekeluargaan sekaa teruna. Kedua, tema dari baleganjur nanti adalah kepahlawanan (kejayaan mengwi). Ketiga, waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan festival sementara tanggal 4 atau 7 Maret 2018 dan akan dipentaskan di panggung terbuka. Hasil rapat yang keempat mengenai kriteria yang akan dinilai nanti pada saat festival.

Kriteria penilaian dalam festival nanti yaitu harus baleganjur yang ditampilkan, usia peserta maksimal 25 tahun, saat festival peserta harus berpakaian menggunakan kamen, saput dan udeng. Terdapat pembawa papan nama 1 orang, pembawa bandrang 2 orang, pembawa tedung atau payung 2 orang, dan pembawa canang 2 orang. Dan ada 3 hal yang akan dinilai nanti yaitu teknik baleganjur, penampilan (ekspresi dan keserasian dengan tema), pembawaan (keindahan lagu dan struktur lagu).

Peserta Rapat Koordinasi Festival Baleganjur

Festival baleganjur ini merupakan kegiatan yang pertama kali akan terselenggara di Desa Mengwi. Baleganjur yang ditampilkan tidak akan diperlombakan dengan perebutan juara, tetapi hanya akan dipilih 6 penampilan terbaik saja. Ketua Karang Taruna Wiratama Mandala Desa Mengwi mengatakan agar seluruh sekaa teruna dapat menampilkan hasil kreativitasnya secara maksimal nanti pada saat festival. “Kami berharap semua banjar nanti ikut terlibat dalam festival ini dan menampilkan hasil kreativitas banjarnya secara maksimal, dan mulai sekarang tolong dipersiapkan apa saja yang diperlukan, dan kami dari karang taruna akan terus memantau selama proses latihan berlangsung” ungkapnya.

Beliau juga menambahkan sudah mengajukan anggaran kepada Pemerintah Desa Mengwi sebesar 5 juta rupiah per banjar sebagai dana motivasi. “Kami sudah mengajukan anggaran untuk kegiatan festival baleganjur ini kepada pihak desa sebesar 5 juta rupiah per banjar untuk dana motivasi agar para pemuda bisa lebih meningkatkan kreativitasnya lagi” ungkap ketua karang taruna. Dan beliau juga menambahkan, nanti penampilan terbaik akan menjadi duta perwakilan Desa Mengwi ke tingkat Kecamatan Mengwi.

Foto Bersama Setelah Rapat Koordinasi
Foto & Liputan : Ni Putu Gita Rahayu

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan