Peringatan Hari Ibu, Begini Cara PKK Desa Mengwi Merayakannya

Peringatan Hari Ibu di Desa Mengwi

mengwi.desa.id Hari ibu merupakan sebuah peringatan atau perayaan terhadap peran seorang ibu dalam sebuah keluarga. Setiap negara di dunia memiliki tanggal khusus untuk memperingatinya. Di Indonesia sendiri hari ibu dirayakan setiap tanggal 22 Desember yang ditetapkan sebagai perayaan nasional. Banyak cara yang dilakukan oleh masyarakat untuk merayakannya. Biasanya para ibu dibebas tugaskan dari kegiatan rumah tangga mereka seperti memasak, merawat anak dan lainnya pada hari ibu tersebut.

Tukar kado PKK Desa Mengwi

Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Mengwi merayakan hari ibu dengan cara yang berbeda. Bertempat di Ruang Kertagosa Desa Mengwi, Jumat (22/12/2017) pukul 11.00 Wita PKK Desa Mengwi beserta perangkat desa merayakan hari ibu dengan potong tumpeng dan tukar kado. Tukar kado ini merupakan tradisi yang sudah dilakukan sejak dulu oleh PKK Desa Mengwi. Dimana para ibu-ibu sudah menyiapkan kado masing-masing dari rumah kemudian dibawa saat perayaan. Dengan membentuk lingkaran dan dipimpin langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Desa Mengwi, PKK Desa saling bertukar kado.

Pemotongan tumpeng oleh bapak sekdes mengwi

Sekretaris Desa Mengwi Bapak I Ketut Sumarjaya mewakili Bapak Perbekel Mengwi yang berhalangan hadir, membuka acara perayaan hari ibu jumat kemarin dengan pemotongan tumpeng. Dalam sambutannya beliau menuturkan hakikat Peringatan Hari Ibu (PHI) setiap tahunnya adalah mengingatkan seluruh masyarakat, terutama generasi muda akan arti dan makna hari ibu sebagai sebuah momentum penggalangan rasa persatuan dan kesatuan, serta gerak perjuangan kaum perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia. “Selanjutnya, PHI juga diharapkan dapat mendorong semua pemangku kepentingan untuk memberikan perhatian, pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor kehidupan,” ungkapnya.

Di lokasi yang sama, Ketua Tim Penggerak PKK Desa Mengwi, Ni Nyoman Artatik menilai peringatan Hari Ibu bisa dijadikan sebagai momentum bagi para ibu untuk lebih eksis dalam kegiatan kaum ibu, serta ikut berperan dalam pembangunan. Selain itu, para ibu juga diharapkan dapat mengembangkan kemampuan maupun pengetahuannya, sehingga bisa bersaing secara positif dengan kaum bapak.
“Untuk para ibu-ibu di Desa Mengwi saya berharap dapat menambah kreativitasnya agar bisa bersaing positif dengan kaum bapak,” harap beliau. Dan tidak lupa beliau juga mengucapkan selamat hari ibu kepada ibu-ibu yang ada di seluruh Indonesia.

Foto : Ni Luh Putu Elik Lestari
Liputan : Ni Putu Gita Rahayu

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan