Sekilas Tentang Dasa Wisma Desa Mengwi

Bapak Perbekel Mengwi pada pembukaan pertemuan dasa wisma Desa Mengwi, Sabtu, (23/12) di Gedung Kertagosa Mengwi.

Mengwi.desa.id Berbagai program kreatif, inovatif serta positif telah digulirkan Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Mengwi yang diketuai Ny. Artatik Umbara bagi para anggotanya. Salah satunya adalah program pembentukan kelompok dasa wisma. Sesuai dengan nawacita Presiden RI Joko Widodo, yakni membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan. Di Desa Mengwi sudah terbentuk 204 orang kader dasa wisma.

Dasa wisma sendiri adalah kelompok yang terdiri dari 10 -20 kepala keluarga didalam satu banjar, diketuai oleh salah seorang ketua kelompok yang dipilih diantara 10-20 kepala keluarga tersebut. Dasa wisma sebagai kelompok terkecil dari kelompok-kelompok PKK memiliki peran strategis mewujudkan keluarga sejahtera. Untuk itu, diharapkan agar dasa wisma menjadi ujung tombak pelaksanaan 10 program pokok PKK dan program pemerintah karena sebagai mitra.

Banyak hal yang dapat dilakukan melalui dasa wisma seperti melaksanakan kegiatan kerja bakti, dalam hal administrasi, dengan mengupdate data di setiap kepala keluarga, usaha perbaikan gizi keluarga dan keluarga berencana (KB). Ketua Tim penggerak PKK Desa Mengwi Ny. Artatik Umbara menuturkan “Dengan adanya kelompok dasa wisma dapat membantu pemerintah dalam pendataan keluarga diantaranya pendataan jumlah ibu hamil, jumlah bayi yang baru lahir maupun balita dan anak-anak yang menderita kekurangan gizi” ungkapnya.

 

Pertemuan rutin kader dasa wisma Desa Mengwi

Kegiatan pertemuan rutin dasa wisma ini guna untuk membangun pengelolaan administrasi dasa wisma  ini, untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM) terutama bagi pengurus lebih baik lagi, tertata dan mampu melaksanakan tugas dan fungsi sesuai progam yang dicanangkan. Sampai saat ini sudah dilaksanakan 4 (empat) kali pertemuan rutin dasa wisma. Pertemuan pertama kader dasa wisma diperkenalkan terlebih dahulu tentang dasa wisma, tugas dan fungsinya. Kemudian pertemuan kedua para kader dilatih cara pengisian formulir. Di pertemuan ketiga kader dasa wisma dilatih dan dibina teknis untuk turun ke lapangan. Dan pertemuan keempat pengumpulan formulir yang sudah diisi oleh para kader setelah turun ke lapangan.

Kader dasa wisma latihan menyanyikan lagu Mars PKK

Di sela-sela pertemuan kader dasa wisma dilatih untuk menyanyikan mars PKK. Ini merupakan permintaan dari Perbekel Mengwi mengingat kader dasa wisma merupakan bagian dari PKK.  “Kelompok dasa wisma ini merupakan miniatur (unit terkecil) PKK. Kelompok dasa wisma ini dibentuk di lingkungan tempat tinggal penduduk di dalam satu wilayah banjar. Pembentukan dan pengangkatan pengurusnya sudah ditetapkan dengan SK Ketua TP. PKK Desa atas usul kelian adat dan dinas bersangkutan dengan persetujuan Perbekel Mengwi”. ujar beliau.

Bapak Perbekel Mengwi menunjuk salah satu kader untuk menyanyikan lagu Mars PKK

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan