Sidang Penetapan APBDes Mengwi Tahun Anggaran 2018

Sidang Badan Permusyawaratan Desa (BPD) tentang APBDes Mengwi Tahun 2018

mengwi.desa.id Dalam rangka peningkatan pembangunan desa, Pemerintah Desa Mengwi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung menyelenggarakan sidang penetapan APBDes tahun anggaran 2018. Bertempat di Gedung Kertagosa Desa Mengwi pada Minggu pagi (31/12/2017). Sidang ini dihadiri oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Perbekel Desa Mengwi, perangkat desa beserta perangkat kewilayahan se-Desa Mengwi.

Perangkat Desa Mengwi dalam mengikuti sidang

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 113 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Desa, pasal 2 menegaskan asas-asas dalam pengelolaan dana desa, diantaranya adalah transparan, akuntabel, partisipatif serta dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran. APBDes merupakan dokumen penting bagi desa yang menentukan derap langkah keberlanjutan pembangunan dan jalannya pemerintah di desa ke depan. Apabila APBDes telah ditetapkan pemerintah desa pada awal tahun, desa telah dapat melakukan persiapan lebih awal untuk pelaksanaan program pembangunan desa.

Perbekel Mengwi didampingi Ketua BPD

Sebelum sidang penetapan, ada beberapa tahapan yang sebelumnya dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Mengwi. Tahap pertama yaitu merancang APBDes bersama BPD pada Kamis (28/12/2017) di Gedung Kertagosa, Desa Mengwi. Kemudian Jumat (26/12/2017) bertempat di Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung, APBDes yang telah dirancang tersebut diverifikasi oleh tim dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Badung. Setelah lolos verifikasi baru kemudian ditetapkan dan disahkan bersama BPD pada pagi hari ini.

Perbekel Mengwi I Ketut Umbara menjelaskan “melalui APBDes ini kita bisa mengetahui gambaran pendapatan dan alokasi dana yang mana harus dianggarkan sesuai pembelanjaan desa sehingga pengaruhnya besar terhadap kebutuhan masyarakat.” tuturnya. Beliau juga berharap agar semua program kegiatan yang telah direncanakan dapat berjalan sesuai dengan harapan.

Foto : Ida Bagus Purnayasa
Liputan : Ni Putu Gita Rahayu

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan