Desa Mengwi Siap Menjadi Desa Layak Anak

Pemerintah Desa Mengwi menyerahkan bantuan drumband kepada PAUD Yayasan Widhya Brata, Mengwi

Untuk mendukung Kabupaten Badung sebagai kabupaten Layak Anak (KLA), Desa Mengwi mendeklarasikan diri sebagai Desa Layak Anak. Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Badung Nomor 12 Tahun 2016. Yaitu tentang kabupaten layak anak, disebutkan bahwa anak merupakan Amanah dan Karunia Tuhan yang Maha Esa. Yang memiliki hak di dalam dirinya melekat harkat dan martabat sebagai manusia seutuhnya. Serta merupakan generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa yang perlu mendapat kesempatan seluasnya untuk terpenuhi haknya, yakni hak hidup, hak tumbuh kembang, hak perlindungan dan hak partisipasi serta menjalankan hidupnya secara wajar.

Berdasarkan Perda tersebut Desa Mengwi telah menetapkan program desa layak anak sejak tahun 2017. Untuk itu desa wajib menyediakan fasilitas untuk menunjang pemenuhan hak anak. Adapun program yang sudah berjalan yaitu dalam bidang pendidikan dan kesehatan. Dalam bidang pendidikan, Pemerintah Desa Mengwi sudah melaksanakan pembinaan peningkatan pengetahuan tentang pola asuh anak dan three ends kepada kader desa,  penyerahan bantuan drumband kepada anak-anak PAUD. Serta penyerahan ayunan dan APE (Alat Permainan Edukatif) di setiap banjar. Kemudian dalam bidang kesehatan, Pemerintah Desa Mengwi sudah menyerahkan fasilitas berupa timbangan untuk posyandu di setiap banjar.

Pembinaan kader tentang pola asuh anak

Pembinaan yang telah diberikan kepada 223 kader di Desa Mengwi.  Pembinaan ini dilaksanakan pada 12-13 Desember 2017. Dengan tujuan untuk melindungi perempuan dan anak dari kekerasan. Pemerintah Desa Mengwi bekerja sama dengan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Badung melaksanakan pembinaan. Dengan tema “peningkatan pengetahuan tentang pola asuh anak dan three ends Desa Mengwi 2017″.

 

Fasilitas ayunan di Br.Delod Bale Agung

Selain itu Pemerintah Desa Mengwi sudah menyerahkan ayunan, APE (Alat Permainan Edukatif), dan timbangan sekaligus pada bulan Juli 2017 ke setiap banjar. Pada bulan desember 2017 pemerintah juga sudah menyerahkan drumband kepada anak-anak PAUD Yayasan Widhya Brata, Desa Mengwi. Penyerahan drumband ini bertujuan untuk mendukung kreativitas atau bakat yang dimiliki anak-anak terutama dalam bermain musik. Penyediaan fasilitas ini merupakan langkah konkrit yang dilakukan pemerintah desa untuk menjadi desa layak anak.

Perbekel Mengwi, I Ketut Umbara mengatakan “kami dari pihak desa akan berusaha untuk menyediakan fasilitas yang lebih memadai lagi untuk mendukung Desa Mengwi menjadi Desa Layak Anak (DLA)” ungkap beliau. Rencana beliau untuk kedepannya yaitu membuatkan taman bermain terpusat yang akan diletakkan di kantor Desa Mengwi. Dimana nantinya disaat bapak/ibu yang sedang berkunjung ke kantor desa dan mengajak anak, anak-anaknya bisa bermain di taman bermain tersebut.

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan