Kunjungan BPD Desa Balongdowo, Sidoarjo ke Desa Mengwi

Pemerintah Desa Mengwi menerima kunjungan dari BPD Desa Balongdowo

mengwi.desa.id Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Balongdowo, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur melaksanakan studi banding ke Desa Mengwi. Dengan memilih Pasar Desa Adat Mengwi sebagai sarana dasar pemahaman untuk mendirikan BUMDesa di Balongdowo. Pada Jumat, (05/01/2017) bertempat di ruang pertemuan kantor Desa Mengwi. Sebelum turun langsung ke lapangan, rombongan disambut terlebih dahulu di kantor desa.

                Rombongan tiba di kantor Desa Mengwi

Rombongan tiba di kantor desa pukul 09.00 Wita, dengan jumlah rombongan 55 orang. Acara penerimaan kunjungan ini juga dihadiri oleh dinas pemberdayaan masyarakat dan desa Kabupaten Badung, perwakilan dari Camat Mengwi. Serta pengurus BPD Desa Mengwi, pengurus BUMDesa Mengwi, pengelola pasar desa adat mengwi dan seluruh perangkat Desa Mengwi.

Dalam pengantar penerimaan kunjungan, Perbekel Mengwi I Ketut Umbara mengucapkan selamat datang kepada rombongan dari Desa Balongdowo. “Selamat datang kami ucapkan kepada rombongan dari Desa Balongdowo di Desa Mengwi, dan tidak lupa kami mengucapkan terimakasih atas sudi kiranya Bapak/Ibu memilih desa kami untuk dikunjungi” ungkap beliau. Beliau berharap agar studi banding ini dapat memberikan pengetahuan dan dapat saling berbagi pengalaman berkaitan tentang BUMDesa.

Pengelola pasar Desa Mengwi, I Nyoman Suarjana menuturkan bahwa retribusi bersih dari pasar mengwi sebesar 1 milyar lebih pertahunnya. Beliau juga menjelaskan bahwa di Desa Mengwi terdapat BUMDesa dengan nama “Yoga Mesari Mengwi”. Yang terdiri dari Koperasi Taman Ayu Sari Sedana, Toserba, dan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST).

Setelah pembukaan sekaligus pemaparan selayang pandang Desa Mengwi, Kepala Desa Balongdowo menyampaikan maksud dan tujuannya berkunjung ke Desa Mengwi. “Kami sangat senang karena sudah diterima dengan baik di Desa Mengwi, maksud dan tujuan kami datang kesini adalah untuk mengetahui bagaimana pengelolaan BumDesa Mengwi yang akan kami jadikan bahan dasar pemahaman nanti untuk mendirikan BUMDesa di desa kami”. Beliau berharap semoga seluruh rombongan dapat memahami dan mempelajari tentang BUMDesa ini.

  Pemberian kenang-kenangan berupa plakat dan cendera mata
Liputan : Ni Putu Gita Rahayu

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan