Sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) oleh Diskominfo Kabupaten Badung di Kecamatan Mengwi

Sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kecamatan Mengwi

mengwi.desa.id Rabu, (10/01/2017) bertempat di Kantor Camat Mengwi dilaksanakan sosialisasi KIM oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Badung. Dengan dihadiri oleh 20 Perbekel dan Lurah se-Kecamatan Mengwi. Sosialisasi juga didampingi oleh beberapa jajaran dari Diskominfo Kabupaten Badung dan pegawai camat Mengwi.

Dalam era reformasi dan situasi informasi global sekarang ini, keberadaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) masih diperlukan. Kondisi sebagian masyarakat yang belum memiliki kemampuan memadai untuk menelaah muatan informasi dengan baik. Hal itu disebabkan oleh faktor sosial (edukatif), ekonomis maupun kultural. Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) diharapkan menjadi sarana komunikasi antara pemerintah daerah dengan masyarakat langsung.

         Kadis Kominfo Badung I Weda Dharmaja, S.IP.,M.si

Kepala dinas Kominfo Badung I Wayan Weda Dharmaja menjelaskan, “sosialisasi KIM ini bertujuan untuk mensosialisasikan terbentuknya KIM di Badung. Sebagai lembaga sosial, komunitas pedesaan yang dibentuk oleh, dari dan untuk masyarakat yang secara mandiri dan kreatif mengelola dan memberdayakan informasi. Melalui teknologi informasi berbasis web dengan tujuan meningkatkan wawasan dan nilai tambah kemasyarakatan” tandasnya.

Beliau juga menambahkan, untuk tahun ini Kominfo telah melakukan pembinaan di masing-masing kecamatan. Dan telah terbentuk 12 kelompok KIM di Badung. “Setelah seluruh desa membentuk KIM, nanti bapak bupati akan memberikan reward berupa uang sebesar milyaran rupiah untuk desa yang KIMnya dinilai bagus dan memenuhi persyaratan” ujarnya.

            Perbekel Mengwi dalam mengahadiri sosialisasi

Perbekel Mengwi yang juga hadir dalam sosialisasi mengapresiasi pembentukan KIM tersebut. “Kami dari pemerintahan Desa Mengwi akan segera membentuknya agar bisa mengelola dan memberdayakan informasi kepada masyarakat” ungkapnya. Beliau juga menambahkan akan melakukan yang terbaik untuk desa. Dan memaksimalkan kinerja KIM Desa Mengwi.

 

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan