Malam Renungan Suci Siwaratri di Desa Mengwi

Renungan suci pada malam Siwaratri di Desa Mengwi.

mengwi.desa.id Karang Taruna Wiratama Mandala Desa Mengwi gelar renungan suci Siwaratri pada Senin, (15/01/2018). Bertempat di wantilan Pura Dalem Desa Mengwi. Dengan tema “Melalui Pelaksanaan Brata Siwaratri Kita Tingkatkan Sradha dan Bakti Menuju Generasi Muda Hindu Desa Mengwi Berkualitas dan Berdaya Guna”. Acara ini dihadiri oleh pemangku Desa Adat Mengwi, tokoh masyarakat, perangkat desa, seluruh sekaa teruna dan masih banyak undangan lainnya.

sembahyang bersama di pura dalem

Adapun rangkaian acara pada renungan suci yaitu diawali dengan sembahyang bersama kemudian dilanjutkan dengan sambutan- sambutan dan acara darma wacana. Narasumber dalam darma wacana pada renungan suci adalah I Gede Sukadana dari kementerian agama Kabupaten Badung. Acara pada malam kemarin berjalan khusyuk dan damai.

Siwaratri adalah hari raya umat agama Hindu yang dirayakan setahun sekali dan sehari sebelum bulan mati sekitar bulan Januari. Hari Siwaratri tepatnya jatuh pada purwaning tilem ke VII (kapitu). Siwaratri atau Malam Siwa sering juga disebut ”Malam renungan suci”, yakni malam dimana Dewa Siwa sedang beryoga untuk kesejahtraan alam dan segala isinya.

pembicara dalam renungan suci Siwaratri

I Gede Sukadana menuturkan. “Pada Siwa Ratri ini umat sangat diharapkan melakukan : Sambang/Jagra/Begadang. Dengan cara ”Yoga”- menghubungkan diri dengan Sang Pencipta, ”Samadhi” – menyatukan diri dengan Nya. Dengan melakukan hal ini secara benar diyakini kita akan memperoleh anugrah dari Dewa Siwa” tutur beliau.

Beliau juga menambahkan pelaksanaan Brata Siwaratri dapat dilakukan sesuai kemampuan. Yang terdiri dari Monabrata (diam diri & tidak bicara) . Upawasa (tidak makan dan minum) selama 24 jam, sejak matahari terbit pada hari Siwaratri sampai matahari terbit keesokan harinya. Dan Jagra (tidak tidur/begadang) selama 36 jam, sejak matahari terbit pada hari Siwaratri sampai pada jam 18.00 keesokan harinya.

Perbekel Mengwi di sela-sela acara mengharapkan agar generasi muda di Mengwi benar-benar meresapi makna Siwaratri tersebut. “Kami harapkan generasi muda yang hadir pada malam hari ini dapat meresapi dan memaknai dengan baik hari Siwaratri ini. Untuk mewujudkan generasi muda yang berkualitas dan berdaya guna bagi banyak orang”.

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan