Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Desa Mengwi Tahun 2018

Pemerintah Desa Mengwi Gelar Musrenbangdes 2018

mengwi.desa.id Dalam rangka penyusunan program kerja Desa Mengwi untuk lima (5) tahun ke depan pemerintah desa melaksanakan musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) desa. Bertempat di Gedung Kertagosa Desa Mengwi, pada Rabu (24/01/2018). Musrenbang yang berlangsung setahun sekali ini diikuti oleh ketua dan anggota BPD, LPM, Tim Penggerak PKK, kepala sekolah TK, SD, SMP, SMA/K se-desa Mengwi, seluruh perangkat desa serta tokoh masyarakat lainnya.

Adapun susunan acara yang telah disepakati bersama oleh peserta musrenbang yaitu pembukaan, dan pengarahan-pengarahan dari perbekel dan ketua BPD. Dilanjutkan dengan penentuan prioritas usulan kegiatan pembangunan yang disampaikan oleh Ida Bagus Karyana Putra selaku kaur perencanaan. Kemudian sesi tanya jawab dilanjutkan dengan pembacaan kesimpulan dan penutup.

Pengarahan dari Bapak Perbekel Mengwi

Perbekel Mengwi dalam kesempatan tersebut menyampaikan “Musrenbang merupakan salah satu rangkaian dari penyusunan rencana pembangunan jangka menengah (RPJM) Desa. RPJM Desa merupakan dokumen perencanaan untuk periode 5 tahun yang memuat arah kebijakan pembangunan desa. Tahap penyusunan RPJM Desa ini dimulai dari tingkat dusun yaitu musyawarah dusun (musdus), kemudian berlanjut ke musyawarah desa, musrenbang desa, musrenbang kecamatan, dan musrenbang tingkat kabupaten” tandas beliau.

Beliau menambahkan setiap penyelenggaraan pemerintah desa membutuhkan amunisi dan energi baru dari masyarakat untuk ikut berpartisipasi. Partisipasi masyarakat desa dan stakeholder lainnya dinilai penting untuk bisa melahirkan ide-ide positif dan gagasan-gagasan cemerlang yang bisa menciptakan sebuah perubahan di Desa Mengwi.

Dalam pemaparan usulan kegiatan telah disampaikan oleh Kaur Perencanaan terdapat 28 usulan kegiatan pembangunan. Yang akan dituangkan dalam program kerja desa tahun 2019 dan review RPJM Desa 2014-2019. Adapun usulan kegiatan tersebut mengarah kepada pembangunan fisik sarana dan prasarana, pembangunan di bidang ekonomi dan pembangunan di bidang sosial budaya.

Dari hasil musrenbang itu langsung dibacakan oleh Sekretaris Desa (Sekdes) yang merupakan usulan yang menjadi prioritas atas kesepakatan bersama. Hasil itu sendiri dibahas lagi bersama-sama yang mana merupakan program paling mendesak untuk pembangunan di Desa Mengwi. Tentunya menyesuaikan dengan anggaran Dana Desa(DD)nya.

Suasana Saat Musrenbang Desa Mengwi Berlangsung

 

Foto dan Liputan : Ni Putu Gita Rahayu

 

 

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan