Rapat Persiapan Pelaksanaan Lomba Baleganjur Desa Mengwi Tahun 2018

mengwi.desa.id Untuk meningkatkan kreativitas di kalangan sekaa teruna di Desa Mengwi, Pemerintah Desa Mengwi bersama dengan Karang Taruna Wiratama Mandala Desa Mengwi menggagas sebuah inovasi baru. Inovasi tersebut berupa kegiatan Lomba Baleganjur Desa Mengwi Tahun 2018. Bertempat di Ruang Pertemuan Kantor Desa Mengwi pada Kamis (25/01/2018) diadakan rapat persiapan dalam rangka lomba tersebut. Dengan dihadiri oleh perbekel mengwi, pengurus dan anggota karang taruna, serta ketua sekaa teruna se-Desa Mengwi.

Rapat dipimpin oleh ketua karang taruna (tengah)

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua Karang Taruna Wiratama Mandala Desa Mengwi, I Gede Ketut Mardika. Adapun hasil rapat yang telah disepakati bersama yaitu pertama, waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan pada 10 Maret 2018 dan akan dilaksanakan di areal parkir lapangan mengwi. Kedua, tema dari baleganjur yang digarap adalah cerita yang ada di Desa Mengwi. Hasil rapat yang ketiga mengenai kriteria yang akan dinilai nanti pada saat pelaksanaan lomba.

Adapun 3 hal yang akan dinilai nanti yaitu teknik baleganjur, penampilan (ekspresi dan keserasian dengan tema), pembawaan (keindahan lagu dan struktur lagu).  Dan sekaa teruna akan mendapatkan uang pembinaan dari desa sebesar Rp.7.000.000 per masing-masing banjar.

Ketua Karang Taruna Wiratama Mandala Desa Mengwi mengatakan lomba baleganjur ini merupakan kegiatan yang pertama kali akan terselenggara di Desa Mengwi. Baleganjur yang ditampilkan akan dinilai dan dipilih penampilan terbaik 1,2 dan 3. “Dalam pelaksanaan lomba nanti akan dipilih oleh dewan juri penampilan baleganjur terbaik 1,2 dan 3” ujar beliau.

Dalam kesempatan tersebut beliau juga menambahkan, nanti penampilan terbaik akan menjadi duta perwakilan Desa Mengwi ke tingkat Kecamatan Mengwi. “Mengingat nanti akan ada Porsenicam Kecamatan Mengwi, maka dari itu kita bina mulai dari sekarang bibit-bibit penabuh yang ada di setiap banjar” tandas beliau.

Perbekel Mengwi dalam acara rapat tersebut mengapresiasi kegiatan lomba baleganjur ini. “Saya apresiasi sekali kegiatan-kegiatan yang positif seperti ini apalagi sasarannya adalah sekaa teruna. Mengingat zaman sekarang maraknya peredaran narkoba. Dan saya berharap melalui kegiatan ini sekaa teruna dapat menampilkan hasil kreativitasnya secara maksimal dan menjauhi yang namanya narkoba” tutur beliau.

Sekaa teruna dari 11 banjar dinas di Desa Mengwi

 

Foto & Liputan : Ni Putu Gita Rahayu
Facebook Comments

1 Comment

Tinggalkan Balasan