Sebagai Bentuk Penyucian Diri, Perangkat Desa Mengwi Gelar Sembayang Purnama

mengwi.desa.id Sebagai bagian dari upacara penyucian diri, perangkat Desa Mengwi menggelar upacara sembahyang bersama. Pada hari ini Rabu (31/01) di Padmasana Kantor Desa Mengwi.  Tampak hadir dalam upacara sembahyang ini Perbekel Mengwi dan sekiranya 10 orang perangkat desa dan kewilayahan Desa Mengwi. Seluruhnya tampak dengan khidmat mengikuti kegiatan yang dimulai sejak pukul 08.00 wita ini.

acara persembahyangan dipimpin oleh Ida Bagus Karyana Putra

Sembahyang Purnama sendiri merupakan upacara permohonan kepada Sang Hyang Chandra agar dapat melebur kotoran dosa yang pernah dilakukan baik sengaja maupun tidak disengaja, agar kembali bersih jiwa dan pikiran. Purnama diyakini oleh umat Hindu sebagai hari baik untuk melakukan penyucian diri secara lahir batin, karena hari purnama ini bertepatan dengan Sang Hyang Candra beryoga memohonkan pengampunan dan peleburan dosa kepada Hyang Widhi (Tuhan Yang Maha Esa).

Salah satu aspek yang ingin dicapai dalam upacara ini adalah kebersihan lahir dan batin. Karena kebersihan lahir dan batin merupakan perwujudan keimanan, kebersihan secara lahir, dimana pada badan yang bersih tidak akan ada kotoran yang melekat, pada jiwa yang suci akan berimplikasi pada pikiran dan perbuatan yang suci pula.

Perbekel Mengwi mengatakan persembahyangan rutin dilaksanakan perangkat Desa Mengwi disetiap Hari Purnama, Tilem maupun hari suci lainnya. Hal ini bertujuan memberikan keseimbangan spiritual dan mental bagi seluruh perangkat desa. “Keseimbangan spiritual dan mental ini tentu akan berdampak pada pelayanan yang maksimal bagi masyarakat” ujar Ketut Umbara.

“Jika pelayanan kepada masyarakat dilakukan dengan sepenuh hati maka akan meningkatkan kepuasan dan kesejahteraan masyarakat Desa Mengwi. Tentunya dalam mewujudkan Desa Mengwi yang Mesari (Mandiri, Eling, Sejahtera, Ramah dan Indah” tambah beliau.

salah satu rangkaian upacara hari suci purnama

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan