Industri Kerajinan Tedung/Payung Bali Sebagai Potensi Desa Mengwi

mengwi.desa.id Indonesia kaya akan warisan budaya yang mampu menarik minat wisatawan mancanegara. Potensi lokal dari warisan budaya yang dimiliki  ini mampu menggeliatkan perekonomian desa dan meningkatkan kesejahteraan bagi para perajin usaha mikro. Masing-masing desa memiliki kekhasan atau penonjolan karakteristik alam maupun sosio kultural dan aspek lainnya.

Desa Mengwi dikenal sebagai desa dengan penghasil kerajinan tedung/payung Bali. Sejak dulu, masyarakat Desa Mengwi secara turun temurun menekuni profesi sebagai perajin payung. Kerajinan tangan payung telah bertahun-tahun digunakan masyarakat Bali dalam upacara keagamaan.

Tak hanya dikenal oleh masyarakat dan wisatawan domestik, payung hasil karya para perajin di Desa Mengwi ini juga sering  dipasarkan ke wisatawan Mancanegara, di antaranya Jepang, Suriname dan Kamboja. Hingga, keindahan payung Bali tidak hanya dinikmati di Tanah Air, tapi juga meluas ke mancanegara.

Salah satu perajin payung di Desa Mengwi

Di Desa Mengwi sendiri sampai saat ini terdapat 15 perajin payung. Salah satunya perajin payung yang terkenal sampai ke mancanegara adalah “Dewi Ratih”. Perajin payung Dewi Ratih ini  berada di Jalan I Gusti Ngurah Rai No. 72, Banjar Pande, Mengwi. Dengan website yang bisa dikunjungi di http://www.dewiratihumbrella.com

Dewi Ratih ini telah berdiri sejak tahun 1989. Dengan pendirinya yaitu Ngurah Bagus Surya. Awalnya payung yang dibuat hanya payung tradisional saja, tetapi seiring berjalannya waktu mulailah dibuat payung-payung modern seperti payung dekorasi, payung taman, payung, meja dll.

proses pembuatan payung di perajin dewi ratih

Di Dewi Ratih ini payung dibuat dengan home made atau no cetak. Motif-motif yang dibuatpun selalu terbaru dan motifnya tidak pasaran. Dengan dibantu oleh 8 orang pegawai yang sudah memiliki keahlian di bidangnya masing-masing, pengrajin ini mampu membuat 200-400 per 3 bulan payung yang siap dikirim ke luar negeri. Dengan kisaran harga mulai dari Rp. 700.000 – Rp. 1.200.000.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan