Rawan Bencana, BPBD Kabupaten Badung Adakan Sosialisasi di Desa Mengwi

mengwi.desa.id Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Badung melaksanakan kegiatan sosialisasi pengurangan risiko bencana (mitigasi) di Desa Mengwi. Bertempat di Ruang Pertemuan Kantor Desa Mengwi, pada Rabu (14/02). Dengan pembicara dari BPBD Kabupaten Badung Bapak Ir. I Wayan Netra M.MA.

Peserta sosialisasi mitigasi bencana di Desa Mengwi

Peserta sosialisasi mitigasi bencana terdiri dari perangkat desa dan perangkat kewilayahan Desa Mengwi. Serta perwakilan siswa-siswi SMA Negeri 1 Mengwi, SMA Widhya Brata dan SMK PGRI 2 Badung. Turut hadir pula mahasiswa KKN PPM Universitas Udayana.

Tujuan diadakannya sosialisasi ini mengingat banyaknya peristiwa bencana yang terjadi dan menimbulkan korban jiwa serta kerugian harta benda. Oleh karena itu pemahaman tentang mitigasi bencana perlu dipahami oleh semua kalangan. Pada dasarnya mitigasi bencana merupakan seluruh kegiatan yang meliputi aspek perencanaan dan penanggulangan bencana, pada sebelum, saat dan sesudah terjadi bencana.

Bapak Wayan Netra menyampaikan ketika tiga tahapan ini dipenuhi maka tujuan mitigasi bencana yang meliputi (1) mencegah kehilangan jiwa; (2) mengurangi penderitaan manusia; (3) memberi informasi masyarakat dan pihak berwenang mengenai risiko, serta (4) mengurangi kerusakan infrastruktur utama, harta benda dan kehilangan sumber ekonomis, akan dapat dimaksimalkan.

“Dalam sosialisasi ini kita lebih menekankan langkah antisipasi serta langkah pasca terjadinya bencana alam. Kita harapkan dengan telah dilakukannya sosialisasi ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melakukan langkah antisipasi dan meminimalisir potensi bencana alam di Desa Mengwi” ujar beliau.
Foto bersama setelah sosialisasi
 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan