Penyuluhan Hukum dan Sosialisasi Perda Kabupaten Badung di Desa Mengwi

mengwi.desa.id Pemerintah Kabupaten Badung melaksanakan penyuluhan hukum dan sosialisasi  perda (peraturan daerah) di Desa Mengwi. Bertempat di Ruang Pertemuan Kantor Desa Mengwi, Selasa (27/02). Dihadiri oleh tim penyuluhan, Perbekel Mengwi, perangkat desa, pengurus BPD, LPM dan Karang Taruna.

Sambutan oleh bapak perbekel mengwi

Kasubag Hukum dan HAM Agus Kabinawa menyampaikan bahwa pada tahun 2018 penyuluhan dan sosialisasi ini akan dilaksanakan di 12 Desa di Kabupaten Badung. Adapun 3 materi yang disampaikan adalah penyelenggaraan administrasi kependudukan oleh Bapak I Made Sudita dari Dinas DukCapil Kabupaten Badung. Upaya pencegahan pungli (pungutan liar) oleh Ibu Ratih Rosmayuani dari Kanwil Kemenkum HAM Provinsi Bali. Dan tindak pidana korupsi dari seksi intelejen kajari Denpasar Bapak Putu Oka Suryaatmaja.

Putu Oka memaparkan korupsi adalah perbuatan jahat dan busuk karena dampaknya tidak hanya pada pada psikologis pelakunya, tetapi juga masyarakat luas lainnya. Subjek hukum tindak pidana korupsi terdiri dari barang siapa/setiap orang, pegawai negeri, penyelenggara negara, dan korporasi.

“Dengan adanya penyuluhan ini merupakan suatu langkah mudah dalam membasmi serta memberantas korupsi di daerah ini, sehingga kesejahteraan masyarakat khususnya di Desa Mengwi dapat tercipta” ujar intelejen kajari Denpasar Putu Oka.

Dikesempatan yang sama Kanwil Kemenkum HAM Provinsi Bali Ratih Rosmayuani menjelaskan bahwa Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) pada akhir-akhir ini sedang digalakkan oleh pemerintah, begitu juga pada Kementerian Hukum dan HAM RI. Karena semakin maraknya pungli-pungli di masyarakat.

Perbekel Mengwi menyambut baik penyuluhan ini, karena menurut beliau penyuluhan seperti ini sangat penting dan tentu saja memberikan dampak positif terutama untuk desa. “Kami dari pihak desa mengucapkan terimakasih kepada bapak ibu karena sudah bersedia memberikan penyuluhan di Desa Mengwi” ujar beliau.

Peserta penyuluhan hukum dan sosialisasi perda

 

 

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan