Penutupan Pelatihan Keterampilan Industri Kecil dan Kerajinan Rumah Tangga di Desa Mengwi Tahun 2018

mengwi.desa.id Payung atau Tedung Bali adalah salah satu warisan budaya yang masih eksis sejak puluhan tahun silam. Payung Bali sampai saat ini masih selalu eksis karena dibutuhkan dalam upacara keagamaan khususnya di Bali. Payung Bali memang menjadi ikon Desa Mengwi.

“Di Desa Mengwi sendiri terdapat 20 perajin payung. Agar kerajinan ini dapat terus bertahan, kami Pemerintah Desa Mengwi telah melaksanakan pelatihan keterampilan industri kecil dan kerajinan rumah tangga. Bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Badung” ujar Perbekel Mengwi I Ketut Umbara .
Penyerahan bantuan alat kepada perajin
Para perajin di Desa Mengwi telah diberikan berbagai pembinaan, diantaranya pelatihan dan bantuan peralatan agar perajin dapat meningkatkan kualitas kerajinannya.  Kegiatan tersebut sudah dilaksanakan Pemerintah Desa Mengwi selama 15 (lima belas hari)  di Ruang Pertemuan Kantor Desa Mengwi.
Para perajin dilatih mulai dari awal proses pembuatan payung Bali sampai dengan finishing. Acara pelatihan resmi ditutup pada Selasa (03/04) di Ruang Pertemuan Kantor Desa Mengwi. Para perajin membawa hasil karyanya masing-masing yang telah dibuat selama 15 hari pelatihan.
Hasil karya perajin payung selama pelatihan
Dalam penutupan Perbekel Mengwi juga mengatakan  “Kami melaksanakan pembinaan dan pelatihan keterampilan dengan harapan para perajin dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan dalam mengelola usaha. Khususnya dalam bidang kerajinan payung sehingga mampu mandiri dan dapat meningkatkan tarap hidup keluarganya”.
Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan