KTWM Siap Maju ke Tingkat Provinsi, Pembinaan untuk Karang Taruna dan PSM digelar

Pada hari Jumat 12 Oktober 2018, Dinas Sosial Kabupaten Badung laksanakan Pembinaan dan penilaian Karang Taruna Wiratama Mandala (KTWM) Desa Mengwi dan PSM (Pekerja Sosial Masyarakat). Kegiatan berlangsung di ruang rapat kantor Desa Mengwi dengan peserta pengurus Karang Taruna Wiratama Mandala Desa Mengwi dan Staf Desa Mengwi.

Pembina kegiatan ini adalah Drh. I Made Enny Tarniyati, M.M.A selaku Kabid Pemerdayaan Sosial Kabupaten Badung dan I Ketut Rana yang merupakan Wakil Ketua Karang Taruna Provinsi Bali. Kegiatan dibuka oleh Perbekel Desa Mengwi I Ketut Umbara, SH.,MH dan ditutup oleh Kasi Kesra I Nyoman Bangunada. Dalam pembukaannya perbekel menyampaikan bahwa “Karang Taruna Wiratama Mandala Desa Mengwi siap untuk maju ke tingkat provinsi. Maka daripada itu saya berharap pengurus KTWM dengan serius mendengar arahan serta pembinaan dari Tim Pembina tingkat Kabupaten” ujarnya.

Selain pembinaan dalam kegiatan ini juga ada agenda penilaian. Drh. I Made Enny Tarniyati, M.M.A menyampaikan “Tujuan kami selain membina, juga akan melakukan penilaian Karang Taruna dan PSM. Sudah sejauh manakah kegiatannya serta administrasinya. Sehingga tepat sasaran saat melakukan pembinaan”.

Dalam pelaksanaan pembinaan, yang dibahas adalah penekanan kembali terkait hal-hal yang mendasar dalam sebuah organisasi karang taruna. “Yang pertama, karang taruna harus memiliki sekretariat. Dalam sekretariat harus ada bendera merah putih, karang taruna berwarna biru, gambar presiden dan wakil, papan kalender kegiatan, struktur organisasi dan papan PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial). Ada 26 Jenis PMKS”, papar I Ketut Rana.

“Selain kelengkapan di sekertariat tersebut yang tidak kalah penting adalah Administrasi. Ada 15 buku yang harus ada dalam administrasinya. Mulai dari keanggotaan, surat masuk dan keluar dan lain sebagainya. Semua itu wajib dimiliki oleh Karang Taruna “imbuh I Ketut Rana. Kegiatan kemudian berakhir dengan ditutup oleh Kasi Kesra I Nyoman Bangunada.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan