Rumput Halaman Lebih Hijau dengan Pupuk Organik Yoga Mesari

mengwi.desa.id TPST Desa Mengwi menerima kiriman sampah bisa mencapai 10 mobil pengangkut sampah setiap harinya. Kiriman sampah tersebut diantaranya 3 mobil sampah pasar 7 mobil sampah masyarakat.

Melalui Bank Sampah, sampah sampah tersebut di pilah-pilah antara sampah organik dan anorganik. Sampah anorganik dijual ke pengepul sedangkan sampah organik (sampah tanaman atau tumbuh-tumbuhan), dijadikan bahan baku pembuatan Pupuk Organik.

“Ada beberapa tahapan dalam pembuatan pupuk organik Yoga Mesari. Setelah sampah organik terkumpul, sampah tersebut dicacah menggunakan mesin sampai hancur. Hasil pencacahan kemudian di fermentasi selama 3 Minggu dengan memasukannya ke dalam kotak lalu diberi obat dan diaduk. Setelah 3 Minggu, pupuk diayak, hasilnya di masukan ke dalam karung, ditimbang dan siap di pasarkan”. Papar pegawai TPST Desa Mengwi.

proses pengolahan pupuk (pengayakan)

Untuk berat pupuk adalah 10 kg dan harga pupuk produksi TPST Yoga Mesari sangat terjangkau. “Berat 1 karung Pupuk Organik Yoga Mesari 10 Kg dengan harga Rp 10.000,-. Sangat terjangkau harganya, serta dengan manfaat yang banyak”. Ujar Pegawai TPST tersebut.

Pelanggan dari pupuk Organik Yoga Mesari berasal dari para petani, Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ada di Desa Mengwi dan ada juga yang dari luar Desa Mengwi.

Perbekel Mengwi I Ketut Umbara,SH.,MH menyampaikan “Berdasarkan laporan dari tenaga di TPST, selain dari desa Mengwi langganan pupuk berasal dari Gulingan dan warga Tabanan. Menurut para pelanggan rumput halaman lebih hijau dan tampak sehat. Sekali produksi menghasilkan pupuk organik Desa Mengwi menghasilkan 40 sak” ujarnya.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan