Wajib miliki Buku KIA, Ibu hamil bisa mendapatkannya di Puskesmas Pembantu Desa Mengwi

Puskesmas Pembantu (Pustu)  Desa Mengwi berlamat di lingkungan Br. Pengiasan Mengwi, tepatnya di depan SMP Widya Bratha Mengwi. Di Pustu terdapat 3 ruangan yaitu, ruangan KIA, Perawat dan Pengobatan. Dengan penanggung jawab adalah  Ni Wayan Putri, A.Md.Keb.
Salah satu pelayanan yang menjadi program Pustu Desa Mengwi adalah menyediakan buku catatan medis  Kesehatan Ibu dan Anak (KIA). Dalam buku tersebut tercatat perkembangan kondisi kesehatan bayi dari masih dalam kandungan sampai Balita. “Buku KIA wajib dimiliki oleh setiap ibu hamil, agar tercatat kondisi kesehatan ibu atau pun bayi dari waktu ke waktu” ujar Bidan Putri.
               Buku KIA
Berdasarkan pengalaman Bidan Putri bahwa masih banyak warga yang belum memiliki buku KIA keluaran Kementerian Kesehatan tersebut.
“Kami baru mengetahui hal tersebut ketika kegiatan posyandu di masing-masing banjar, tiba-tiba saja anaknya sudah besar. Hal tersebut mungkin karena warga tersebut tinggalnya di luar Mengwi atau dokter kandungan dari warga tersebut tidak mengarahkan untuk menggunakan Buku KIA”.
“Padahal Buku KIA tersebut isinya sangat sederhana dan mudah sekali di pahami oleh siapapun. Di dalamnya selain catatan kesehatan, juga dilengkapi tips-tips kehamilan, merawat bayi, dan beberapa cara pembuatan obat tradisional. Selain tulisan, juga dilengkapi gambar yang sangat membantu bagi bumil yang mungkin tidak bisa baca tulis” imbuh Bidan Putri
Dia menghimbau kesadaran dari seluruh warga desa Mengwi yang hamil untuk  berkoordinasi ke Pustu, sehingga pustu bisa meningkatkan kesehatan ibu dan anak Indonesia pada umumnya, di Desa Mengwi pada khususnya
Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan