Perangkat Desa Mengwi Sembayang Bersama Saat Purnama

Kata Purnama berasal dari kata “purna” yang artinya sempurna. Purnama dalam kamus umum Bahasa Indonesia berarti bulan yang bundar atau sempurna.

Makna melakukan persembahyangan Pada hari Purnama bagi umat Hindu khususnya di Bali adalah untuk memuja Sang Hyang Chandra dan Sang Hyang Ketu sebagai Dewa kecemerlangan untuk memohon kesempurnaan dan cahaya suci dari Ida Sang Hyang Widhi Wasa dalam berbagai wujud Ista Dewata. Biasanya pada hari suci purnama ini disebutkan umat Hindu menghaturkan Daksina dan Canang Sari pada setiap pelinggih dan pelangkiran yang ada di setiap rumah.

 

perangkat desa saat akan melakukan persembahyangan

Sama halnya apa yang di lakukan pada rahina purnama hari ini, Kamis 22 November 2018 di kantor Desa Mengwi. Perbekel, staf dan para kelian dinas se-desa Mengwi menghaturkan bakti di Padmasana kantor Desa Mengwi. Untuk memohon keselamatan dan kelancaran dalam melaksanakan tugas ngayah sebagai abdi masyarakat di Desa Mengwi.

Perbekel Mengwi I Ketut Umbara, SH.,MH. juga mengatakan “tidak hanya hari Purnama saja saya melakukan persembahyangan di Padmasana kantor desa, bahkan setiap pagi sebelum melakukan tugas sebagai pelayan masyarakat Desa Mengwi pasti terlebih dahulu melakukan persembahyangan di rumah maupun dikantor meminta kepada beliau Ida Sang Hyang Widi wasa agar saya diberi keselamatan dan kesehatan dalam mengabdi sebagai perbekel Desa Mengwi yang setiap harinya melayani masyarakat” ujarnya.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan