Tim Aset Desa Adat Melakukan Pendataan Pura di Desa Mengwi.

mengwi.desa.id, Mengwi – Tim Aset Desa Adat Mengwi melaksanakan pendataan pura yang ada di wewidangan atau wilayah Desa Adat Mengwi, Sabtu (8/5).

Dinas Pemajuan Masyarakat Adat ( DPMA ) membuat program pendataan atau sensus Sat Kerthi Semesta Bali berbasis Desa Adat. program ini meliputi pendataan Parhyangan, Pawongan dan Palemahan.

 

Pendataan Parhyangan meliputi keberadaan Pura di Desa Mengwi, Pawongan untuk pendataan krama adat dan pelemahan untuk mendata lingkungan di Desa Adat Mengwi.

 

Pendataan di Desa Mengwi bergerak dari ujung selatan Desa meliputi Pura Dalem Bajangan, Pura Kedaton, Pura Desa lan Puseh, Khayangan Dalem dan Pura Melanting Desa Adat Mengwi.

 

Adapun Parhyangan yang akan di data oleh Tin Aset Desa Adat berjumlah 117 Pura. Pendataan yang dilakukan Tim Aset Desa meliputi luas pura, jumlah pelinggih yang ada di pura, jumlah bangunan, pengempon pura dan mangku yang bertanggung atas keberadaan pura masing-masing tersebut.

 

Pendataan ini bertujuan sebagai basic informasi desa yang akan di input pada aplikasi aset desa adat demi memenuhi program Dinas Pemajuan Masyarakat Adat ( DPMA ) Provinsi Bali.

 

Kegiatan ini juga di tunjang oleh Pemerintah Desa Dinas Mengwi ” Perbekel Mengwi ” dengan membantu fasilitas pengambilan gambar mengaplikasikan drone dalam pengambilan gambar dari udara agar dapat memperoleh yang lebih jelas.

Kegiatan ini dihadiri oleh Tim Aset Desa juga di atensi langsung oleh Ida Bendesa Adat Mengwi yang di dampingi oleh koordinator Kelihan Adat Desa Adat Mengwi dan Perbekel Mengwi bersama Staff Desa Mengwi.

 

Kegiatan ini akan berlangsung secara bertahap mengingat jumlah pura yang ada di wewidangan Desa Adat Mengwi cukup banyak. “Ujar I Made Letra ketua Tim Aset Desa yang sekaligus menjadi petajuh Ida Bendesa baga Palemahan.

 

Anak Agung Gelgel Bendesa Adat Mengwi menyampaikan sangat mendukung program dari dinas terkait, dengan adanya program ini masyarakat Desa Adat Mengwi nantinya bisa mengetahui data lengkap Parhyangan yang ada di Desa Adat Mengwi. (Red/AS)

 

 

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan