Upacara Mejaya-Jaya : Pengesahan Kertha Desa & Sabha Desa Adat Mengwi, dan Upacara Mewinten Untuk Serati Banten Desa Adat Mengwi.

Mengwi, 11 November 2021 Bertepatan Dengan Pujawali di Pura Desa Lan Puseh Desa Adat Mengwi, dilaksanakan juga pengesahan Prajuru Desa Adat Mengwi yaitu Kertha Desa, Sabha Desa, dan Serati Banten Desa Adat Mengwi.

Turut Hadir Dalam Upacara ini adalah Ida Kelihan Desa Adat Mengwi, Pengelingsir Puri Ageng Mengwi, Perbekel Mengwi, Pengurus Desa Adat Mengwi, Kelihan Adat Se-Desa Adat Mengw dan Kelian Dinas Se-Desa Mengwi. Upacara Mejaya Jaya dan Upacara Wewinten ini dipuput oleh Ratu Peranda Lanang Istri dari Griya Tandeg dan Seluruh Paiktean Pemangku Se-Desa Adat Mengwi

Adapun dasar pembentukan prajuru Kertha Desa dan Sabha Desa ini adalah dari Awig-Awig Desa Adat Mengwi yang mana telah di revisi dengan berpedoman pada Perda Prov.Bali No 4 Tahun 2019 Tentang Desa Adat Di Bali.

Sabha Desa Adat Mengwi berjumlah 29 orang yang mana penetapannya dan penunjukannya melalui paruman di masing-masing banjar adat dengan melampirkan berita acara paaruman. Kertha Desa Adat Mengwi berjumlah 4 orang yang mana dipilih langsung oleh Ida Kelihan Desa Adat Mengwi, dan serati banten berjumlah 26 orang yang dipilih oleh Kelian Banjar adat Sebagai Perwakilan Banjar Adat

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan