Desa Adat Mengwi Gelar Pembinaan Bulan Bahasa Bali Yang Ke-IV Tahun 2022

Mengwi, 13 Januari 2022. Memasuki pertengahan bulan Januari di hari Kamis, 13 Januari 2022, Desa Adat Mengwi menggelar Pembinaan menyambut Bulan Bahasa Bali Yang Ke-IV Tahun 2022. Penyelenggaran kegiatan Pembinaan Bulan Bahasa Bali tahun ini berdasarkan Surat Edaran Gubernur Bali Nomor : 8352 Tentang Penyelenggaran Bulan Bahasa Bali Ke – IV Tahun 2022 dan turunnya teknis penyelenggaraan bulan bahasa dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung.

Tema Bulan Bahasa Bali Ke-IV Tahun 2022 ini mengambil tema “Danu Kerthi : Gitaning Toya Ening” Yang bermakna Bulan Bahasa ini sebagai representasi pengetahuan yang mengalir tiada henti, memancarkan kebajikan, kesejahteraan dan kemuliaan dunia. Adapun acara ini diprakarsai oeh Ida Kelihan Desa Adat Mengwi, bersama Petajuh Desa Adat Baga Pawongan,Ketua Sabha lan koordinator baga pawongan Sabha Desa, serta Sekretaris Desa Mengwi.

Pembinaan Bulan Bahasa Ke-IV di Desa Adat Mengwi ini dinarasumberi oleh Bapak I Ketut Jiwa, S.Pd.,M.Pd selaku Penyuluh Bahasa Bali dan Pembina Ngwacen Aksara Bali, Ibu Made Sukantiasih, SP.d.H selaku pembina mesatya bali dan Ni Made Asih Nirmala Sari selaku pembina Nyurat Aksara Bali.

Jumlah binaan Bulan Bahasa Bali di Desa Adat Mengwi meliputi :
1. Pembinaan Nyurat Aksara Bali terdiri dari perwakilan SD Se-Desa Mengwi. Dengan jumlah keseluruhan 8 peserta.
2. Pembinaan Ngwacen Aksara Bali terdiri dari perwakilan tingkat Daa Truna (usia 14 – 20 tahun)
3. Pembinaan Mesatua Bali meliputi Perwakilan Krama Istri .

Adapun harapan Ida Kelihan Desa Adat Mengwi kepada seluruh peserta pembinaan bulan bahasa bali tahun ini, adalah untuk kepada seluruh peserta yang terlibat untuk selalu menjaga dan melestarikan selalu Bahasa dan sastra bali untuk selamanya.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan